Featured Post

Daftar Jenis dan Harga Sapi qurban di Indonesia tahun 2023

 Daftar Jenis dan Harga Sapi qurban di Indonesia tahun 2023


Sobat Myparadise.my.id kali ini  kami akan memberikan informasi  tentang jenis sapi yang berada di indonesia. Saat ini menjelang  hari raya idul adha  1444H tahun 2023 banyak masyarkat indonesia kususnya umat islam mencari sapi untuk qurban.

Untuk itu kami kan memberikan daftar jenis sapi diindonesia yang biasanya digunakan untuk kurban. Selain itu kami juga akan memberikan harga sapi berdasarkan harga pasar saat ini di tahun 2023.

1. Sapi Brahman

Sapi Brahman sumber wikipedia

Sapi Brahman adalah sapi  dari India, keturunan dari indiscus bos disebut sapi zebu.
Berikut ciri-ciri sapi brahman:
  • Tonjolan besar,Kulit kendur,memiliki warna putih keabu-abuan dan sedikit kemerahan 
  • Leher bagian bawah memiliki perut hingga perut lebar(gelambir) dengan banyak lipatan 
  • Telinga panjang menggantung
  • Tanduknya yang sangat kecil. 

Sapi Brahman merupakan sapi potong dengan performa terbaik. Persentase karkas  hingga 45 persen. Karkas adalah seluruh bagian tubuh sapi  yang  disembelih dan sudah dikuliti, dilenyapkan, dipisahkan antara badan dan kepala, kaki, alat kelamin, payudara (kelenjar susu), ekor dan kelebihan lemak. 

Dalam peternakan sapi, sapi brahman pada umumnya tidak pilih-pilih  pakan yang diterimanya. Sapi-sapi ini juga lebih tahan gigitan nyamuk dan kutu serta lebih tahan terhadap panas.  Sapi ini cocok dibudidayakan di daerah iklim tropis. 

Berat maksimum seekor sapi brahman jantan hingga sekitar 800 kg, sedangkan  sapi betina sekitar 500 kg. sapi jantan dewasa memiliki berat sekitar 800-1000 kg  dengan tinggi badan hingga 168 sentimeter. Dikutip dari Kompas.com pada market place yang ada, harga sapi ini termahal dengan berat 500-600 kilogram seharga 36juta.


2. Sapi Limousin / Sapi Limosin

Salah satu jenis sapi dengan hasil karkas yang tinggi adalah sapi Limousin. Daging sapi limousin dikenal dengan dagingnya yang empuk dan relatif tidak berlemak. Sapi  dari Prancis ini adalah tipe Taurus dan hidup antara 16.000 dan 13.000 tahun yang lalu. Ciri utamanya adalah tubuh berwarna merah krem,  bata, dan terkadang hitam. 


Beberapa bagian  seperti lutut bagian bawah dan  sekitar mata  cenderung lebih ringan. Postur  sapi ini cocok untuk sapi qurban 2020 karena memiliki tubuh yang besar, tinggi dan kompak juga kompak. Untuk ukuran banteng siap kurban dewasa, tingginya bisa mencapai 160 cm dengan berat mencapai 1,1 ton. Keunggulan sapi Limousin juga pertumbuhannya yang relatif cepat  dibandingkan dengan ras sapi lainnya. Selama  penggemukan, sapi jenis ini bisa bertambah 1,0-1,4 kg per hari. 


Harga sapi Limousin /Sapi Limosin  di Indonesia antara Rp 20.000.000 dan Rp 30.000.000 tergantung beratnya.

Facebook / La Rhone Limousins


3. Sapi Peranakan Ongole

Selain limosin, Presiden Jokowi juga memberikan Ongole ternak sapi kepada warga Solo. Sapi persilangan Ongole diperoleh dari hasil persilangan sapi Ongole dengan sapi lokal Indonesia. Presiden Jokowi dikabarkan membeli sapi peranakan ongole tersebut dengan berat 800 kilogram seharga Rp 63 juta. 

Sapi Ongole (PO) merupakan persilangan antara sapi Ongole Sumba  dengan sapi Jawa  betina  berwarna putih. Namun sekarang sudah banyak yang disilangkan dengan sapi brahman, sehingga disebut  sapi lokal  putih atau abu-abu. Sapi pekerja  memiliki leher dan punuk panjang yang menggantung yang menambah berat badan. Berat sapi persilangan Ongole jantan dewasa dapat mencapai 800 kilogram, sedangkan betina dapat mencapai berat 600 kilogram. 

Bentuk muka sapi ini sedikit melengkung, moncongnya  berwarna hitam pekat dengan tanduk berwarna gelap. Jenis ternak kurban ini memiliki daya adaptasi yang baik terhadap  kondisi lingkungan yang berbeda.

Harga sapi Ongole ataupun peranakan ongole  di Indonesia Rp 17.000.000 – 20.000.000 tergantung beratnya. Namun untuk jenis tertentu bisa mencapai Rp 45.000.000 bahkan sampai 63.000.000


4. Sapi Brangus

Sapi Brangus adalah sapi yang diperoleh dengan menyilangkan sapi Brahman dengan sapi Angus. Sapi-sapi ini dapat menyediakan daging yang lebih baik. Sapi Bragus berwarna hitam, mirip dengan sapi Angus, namun memiliki bentuk tubuh yang lebih besar dan  tanduk yang lebih kecil. Bobot sapi brangus jantan dewasa bisa mencapai 1.800 kilogram, sedangkan betinanya sekitar 1.200 kilogram. 

Jenis ternak ini banyak diternakkan di Indonesia. Berdasarkan jenisnya, sapi ini dapat diklasifikasikan sebagai sapi potong, sapi perah, atau sapi pekerja.Sapi Brangus dijual dengan harga puluhan hingga ratusan juta rupiah per ekor. Terakhir ditemukan dijual seharga  280 juta rupiah oleh sebuah peternakan di Jawa Tengah, yaitu Berkah Setia Farm. Artis Indonesia Irfan Hakim membeli seekor sapi bragus yang beratnya mencapai 1,3 ton dan menyebutnya sapi grandong.

Harga sapi Brangus berkisar Rp 200 juta  sd 300 juta per ekor.

5. Sapi Simental

Sapi simmental adalah Asal jenis sapi  dari wilayah Simme di Swiss. Jenis sapi perah dan sapi potong ini memiliki tubuh yang kaku dan berotot. Warna bulu  sapi Simmental yaitu coklat kemerah-merahan (bata), tetapi putih di bagian muka, di bawah lutut dan di ujung ekor. 


Seekor sapi jantan Simental dewasa memiliki berat hingga 1.150 kilogram, sedangkan  sapi betina dewasa memiliki berat hingga 800 kilogram. Sapi simental cocok dipelihara di daerah dengan iklim sedang. Rasio karkas biasanya tinggi dan kandungan lemaknya rendah. 


Harga sapi Simmental sekitar Rp 100 juta per ekor. Harga sapi simmental di Indonesia mulai dari Rp 22.000.000 untuk jenis yang paling ringan.

https://sinauternak.com/


6. Sapi Bali

Seperti namanya, sapi ini berasal dari salah satu daerah paling terkenal di Indonesia yaitu Bali. Sapi Bali memiliki kulit  keemasan sekaligus hitam. Pada saat yang sama, bagian-bagian tertentu, seperti lutut kaki, lebih terang atau putih. 

Harga pasar sapi Bali mulai dari Rp 17.000.000 untuk sapi 250 kg dan  lebih mahal untuk breed yang lebih berat.

7. Sapi Madura

Sapi madura dewasa memiliki  tubuh  kecil dan kaki pendek yang kuat. Sebagian besar bagian tubuh berwarna merah bata biasanya berwarna kekuningan. Pada saat yang sama, bagian tertentu, seperti paha dan perut, lebih terang atau putih. 

Harga daging sapi madura relatif murah dibanding yang lain, berkisar antara Rp 12.000.000 hingga Rp 21.000.000


Kesimpulan:


Setelah mengenal beberapa jenis sapi qurban di Indonesia, tentunya kamu sudah bisa menjatuhkan pilihan, kan? Harga sapi Qurban  di artikel ini hanyalah sebagai gambaran dan dapat berbeda-beda tergantung keadaan di setipa daerah masing masing.
  • Harga sapi brahman termahal adalah Rp 36 juta per ekor, harga pasaran antara 18-26juta tergantung beratnya dan daerahnya.
  • Harga Sapi Limosin di Indonesia berkisar Rp 20.000.000 – 30.000.000 tergantung beratnya.
  • Harga sapi Ongole ataupun peranakan ongole  di Indonesia Rp 17.000.000 – 20.000.000 tergantung beratnya. Namun untuk jenis tertentu bisa mencapai Rp 45.000.000 bahkan sampai 63.000.000
  • Harga sapi Brangus berkisar Rp 200 juta  sd 300 juta per ekor.
  • Harga Seeekor sapi simental berkisar Rp 100 juta, Harga sapi Simmental di Indonesia mulai dari Rp 22.000.000 untuk jenis dengan berat sampai dengan teringan.
  • Harga Sapi Bali dipasaran dimulai pada angka Rp 17.000.000 untuk berat 250 kilogram dan biasanya lebih mahal untuk jenis yang lebih berat maupun sebaliknya
  • Harga Sapi Madura tergolong murah dibanding yang lainnya, yaitu Rp 12.000.000 – 21.000.000

Sumber:

kompas.com,wikipedia,blogkita.com,gramedia.com

Komentar