Featured Post

Daftar Jenis dan Harga Sapi qurban di Indonesia tahun 2023

Nama-nama Sapi qurban Artist idul adha 1444H tahun 2023

Nama-nama Sapi qurban Artist idul adha 1444H tahun 2023


Hari raya idul adha merupakan hari raya yang di rayakan oleh umat islam setiap tahunnya. Nah kali ini di tahun 2023 tepatnya di hari raya idul adha 1444H beberapa artis hingga perseden ikut merayakannya dengan mengorbankan herwan qurban.

Berikut ini bererapa hewan kurban khususnya sapi yang akan di qurbankan di tahun 2023 ini,

 

1. Sapi Wariso dari Irfan hakim

Wariso merupakan nama sapi kurban di tahun 2023 yang dibeli oleh irfan hakim. Sapi yang diberi nama Wariso ini dibeli Irfan Hakim langsung dari kandang Setia Farm di Purworejo, Jawa Tengah. 

Sapi wariso dari Irfan hakim sumber youtube dehakim


Hewan kurban milik presenter kondang Irfan Hakim setiap tahunnya selalu disorot. Irfan Hakim kerap membeli sapi jumbo untuk dikurbankan pada momen Idul Adha.Sapi kurban milik Irfan tahun ini ditaksir bobotnya lebih dari 1 ton dengan usia lebih dari empat tahun.


Menurut pemilik Setia Farm, Hermawan, sapi Wariso sudah layak untuk jadikan hewan kurban tahun ini setelah tahun sebelumnya ditahan untuk tidak dijual. Wariso ini memang belum diketahui persis beratnya. Namun banyak yang memprediksi berat Wariso ini 1,3 Ton atau sampai dengan 1,4 Ton. Wariso yang harganya ditaksir mencapai Rp300 juta 


Ditahun sebelumnya irfan hakim juga membeli sapi yang  menjadi sorotan netizen. Jika pada 2021, sapi jumbonya bernama Grandong berhasil menarik perhatian. Grandong ini memiliki badan yang besar dan berwarna hitam. Berat grandong ini disebut-sebut mencapai 1.300 Kg atau 1,3 Ton.


Pada 2022 lalu sapinya yang bernama Wisanggeni menjadi salah satu yang banyak dibicarakan di media sosial. Joko sang penjual menyebut sapinya yang dibeli Irfan Hakim itu mencapai harga ratusan juta rupiah. Sapi yang diberi nama Wisanggeni tersebut memiliki harga sekitar Rp 200 juta. Hal itu diungkap oleh narahubung Irfan dengan peternak pemilik Wisanggeni. Saat itu, sang pemilik membuka harga di angka Rp 200 juta. Sapi Wisanggeni ukuran jumbo berbobot 1,3 ton



2. Sapi Golden dari Ibunya Irfan Hakim

Setelah membeli Wariso Irfan Hakim beli juga sapi Golden dari salah satu peternak yang bernama Ikhsan. Sama dengan sapi Wariso, sapi Golden ini tampak besar juga. Irfan Hakim membeli Golden ini untuk dijadikan hewan kurban ibunya. Golden dibeli dari peternak asal Ciawi Bogor.

sapi Golden dari Ibunya Irfan hakim sumber youtube Dehakim


Irfan Hakim resmi membeli Golden dari Haji Aceng dan Haji Ikhsan, yang proses akadnya diunggah di Youtube deHakims, pada 22 Juni 2023. Sebelum proses akad, sapi kurban bernama Golden itu diukur terlebih dahulu. Dengan bobot yang sudah diketahui sekitar 1,1 ton, diketahui panjanganya sekitar 270 centimeter dan tinggi 170 centimeter. Untuk harganya ditaksir kurang lebih hampir sama dengan wariso.

3. Sapi Hayabusa dari Ria Ricis.

YouTuber sekaligus aktris ini diketahui rela pergi Yogjakarta hingga ke Purworejo demi mencari sapi kurban terbaik. Melalui channel YouTube dan Instagram, Ria Ricis pun berhasil mendapatkan sapi berukuran jumbo untuk berkurban pada Idul Adha 2023. Sapi bernama Hayabusa ini didapatkan Ria Ricis saat berkunjung ke Purworejo.

Sapi hayabusa dari Ria Ricis


Dari gambar yang dibagikan Ricis, ia terlihat telah membeli seekor sapi berukuran jumbo. Sapi tersebut berwarna coklat dengan kulit hitam di bagian lehernya. Diperkirakan sapi pilihan Ricis itu mempunyai bobot 1 ton lebih.


4. Sapi Jenis Simental dari Pak Jokowi

Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi membeli tiga ekor sapi milik peternak  asal Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, untuk dijadikan hewan kurban pada Idul Adha 1444 Hijriyah atau 29 Juni 2023. Ketiga ekor sapi jenis Simental dengan bobot masing-masing mencapai satu ton lebih itu dipilih setelah melewati seleksi ketat dari tim Sekretariat Negara didampingi tim kesehatan hewan Dinas Peternakan Kabupaten Cianjur.


Siti Imas Nur Ulfah, peternak sapi yang berlokasi di Kampung Sumbertani, Desa Wangunjaya, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, mengatakan ketiga ekor sapi pesanan presiden itu rencananya akan dibawa ke Istana Negara pada H-1 Idul Adha.Jokowi dua tahun berturut-turut beli sapi dari Cianjur.Siti mengungkapkan, pesanan sapi dari presiden tersebut bukan yang pertama kalinya dia terima. Dia menyatakan mendapatkan pesanan yang sama tahun lalu.


Sapi simental ini berbobot sekitar 1,2 Ton. Untuk DKI Jakarta, Jokowi akan mengurbankan sapi simental. Heru berkata sapi itu akan disembelih di Masjid Istiqlal.

sapi qurban Jokowi untuk 38 Provinsi sumber CNN


Selain itu Presiden Jokowi akan berkurban 38 ekor sapi pada perayaan Idul adha tahun ini. Sapi-sapi yang tergolong kelas berat alias bobot besar berjenis limosin,simental,angus.brahman hingga peranakan ongole itu akan disebar ke 38 provinsi se-Indonesia.Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan pengiriman sapi-sapi Jokowi akan dibicarakan dengan gubernur setempat. Sapi itu bakal dikirim ke masjid yang diusulkan gubernur.

Selain artist- artist tersebut masih ada beberapa artist hingga pejabat negara yang membeli sapi jumbo  maupun sedang mencari sapi untuk berqurban di tahun 2023 ini seperti Natahlie Holscher,Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, Prabowo Subianto hingga Erich Thohir.


Kesimpulan

Ditahun 2023 ini berapa artis , pejabat negara hingga Presiden ikut merayakan idul adha 1444H dengan berqurban sapi jumbo. Sebagian artis memberi nama pada sapi kurbannya adapula yang tidak memberi nama.Nama  wariso meruapakan sapi dari irfan hakim, nama golden merupakan sapi dari ibunya irfan hakim dan hayabusa merupakan nama sapi dari ria sicis. Presiden jokowi membeli sapi jenis simental untuk DKI jakarta selain itu jokowi juga membeli sapi jenis lainya seperti limosin, angus,brahman dan pernakan ongole untuk dikirim ke 38 Provinsi di indonesia.

Sumber:
CNN,Detik.co,Liputan6,Youtube

Komentar